News KAMI ADALAH OFFICIAL PASALIGA RESMI KUNJUNGI LINK ALTERNATIF PASARLIGA http://pasarliga2.com/
Loading...

Buku hitam Setnov soal e-KTP diumpamakan seperti kotak hitam pesawat

Pasarliga99.com  -  Kuasa hukum terdakwa kasus korupsi proyek e-KTP Setya Novanto, Firman Wijaya menggambarkan polemik korupsi proyek e-KTP seperti pencarian kotak hitam pada pesawat. Bahkan, sejak menjadi terdakwa, Novanto itu kerap kali membawa buku catatan dengan sampul hitam.
Firman mengatakan, dalam kasus korupsi yang merugikan negara Rp 2,3 triliun itu banyak melibatkan pihak baik di tingkat eksekutif ataupun legislatif. Pihak-pihak tersebut menurut Firman sesuai dengan catatan buku hitam yang kerap dibawa Setya Novanto.
"Saya rasa buku yang digunakan itu saya menyebutnya kalau pesawat itu jatuh itu pasti black box harus dicari. Beliau mengambil buku yang berwarna hitam. Ya saya tidak tahu kenapa pilihannya itu, tetapi di dalam kamus hukum ada yang namanya black's law dictionary bisa saja ini kamus, yang beliau ingin sebutkan di kasus e-KTP," ujar Firman di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (5/2).
Saat disinggung lebih lanjut akan mengungkap keterlibatan pihak lain, Firman enggan menjelaskan lebih lanjut. "Saya rasa kita tunggu, karena posisi JC ini kan penting dalam instrumen penuntasan kasus ini," ujarnya.
Sementara dari kasus ini, Firman pernah mengajukan pertanyaan kepada Mirwan Amir sebagai perwakilan Partai Demokrat di Badan Anggaran DPR, perihal proyek e-KTP. Mirwan mengimbau kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang saat itu menjabat sebagai Dewan Pembina Partai Demokrat, agar proyek tidak dilanjutkan karena ada beberapa kesalahan.
"Sempat menyampaikan ke Pak SBY agar e-KTP tidak diteruskan, tetapi Pak SBY bilang ini menuju Pilkada jadi proyek ini diteruskan," ujar Mirwan menjawab pertanyaan Firman, Kamis (25/1).
"Alasannya apa?" tanya Firman lagi.
"Saya hanya sebatas itu saja habis itu saya tidak punya posisi, saya tidak punya kekuatan untuk menyetop program e-KTP ini tapi saya sudah sampaikan itu pemenang pemilu atas saran Pak Yusnan Solihin karena memang ada masalah saya tidak tahu secara teknisnya," jelasnya.
Mirwan mengatakan pesan yang disampaikan ke SBY kala itu disampaikan saat ada kegiatan di Cikeas, Bogor, Jawa Barat.
Sementara itu, Yusnan Solihin selaku pihak swasta yang dihadirkan sebagai saksi dari jaksa penuntut umum pada KPK mengatakan sistem yang digunakan pada proyek e-KTP tidak cukup baik untuk merekam data, dibandingkan dengan sistem yang dibawanya merek Cogent.
Menurut Yusnan, kecepatan L-1, sistem merek yang dibawa oleh Johannes Marliem itu juga tidak cukup layak digunakan di Indonesia dengan jutaan data penduduk. Pertimbangan ini pun dikatakannya kepada seluruh peserta konsorsium, namun ditolak.
Share on Google Plus

About pasarliga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar :

  1. Poker | AduQ | BandarQ | DominoQ | Capsa Susun | Bandar Poker

    ____________________________________

    BONUS REFF 20% SEUMUR HIDUP

    BONUS TURN OVER PALING BESAR 0.5% !!

    Kelebihan Seniqq.com yang digemari masyarakat Indonesia:

    Minimal Depo, Hanya Rp. 20.000

    Jackpot hingga Jutaan rupiah

    Proses Depo dan WD SUPER CEPAT

    Bisa dimainkan di Android, Iphone dan Ipad

    Pelayanan CS 24 jam yang Ramah dan Profesional

    | BCA | Mandiri | BNI | BRI | Danamon |

    100% TANPA ROBOT Real Player vs Player

    Segera daftarkan diri anda sekarang juga ^^

    Klik Register

    goo.gl/yig6cA

    Untuk info selengkapnya silahkan hubungi kami di :

    pelayanan terbaik kami

    LIVECHAT

    FACEBOOK : SENI QQ

    BBM : 561A1388

    YmaiL : csseniqq@yahoo.com

    Mari bergabung dengan kami SENI99

    Partner sejati untuk permainan kartu anda .^^.
    agenqq

    agen qq

    domino 99

    agen bandarq

    dominoqq

    agen domino

    domino qq

    bandarq

    aduq

    agen poker

    poker online
    Reply

    BalasHapus